3
USBN
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
SMP/MTs
UTAMA
Tahun 2016/2017
I. PILIHLAH JAWABAN YANG PALING BENAR!
1. BPUPKI merupakan badan yang berperan penting dalam rangka penyusunan dasar negara dan UUD negara Republik Indonesia, salah satu alasan yang melatarbelakangi dibentuknya BPUPKI oleh Jepang adalah ....
A. adanya desakan bangsa Indonesia untuk bisa mandiri dan lepas dari pengaruh serta tekanan Jepang
B. dorongan luhur Pemerintah Jepang untuk melindungi bangsa Indonesia dari serangan musuh
C. kedudukan Jepang sudah sangat terdesak dan Jepang ingin mempertahankan sisa kekuataannya
D. sebagai balas jasa Jepang atas kebaikan bangsa Indonesia dalam Perang Asia Timur Raya
2. Dalam sidang I BPUPKI ada 3 anggota BPUPKI yang telah mengajukan usulan rumusan dasar negara Indonesia, secara umum persamaan masing-masing rumusan dasar negara yang diusulkan mengandung nilai dasar yang sama yaitu ....
A. ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan
B. kemakmuran, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan
C. ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan kejayaan
D. kesejahteraan , kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan
3. Perhatikan gagasan-gagasan mengenai dasar negara berikut!
(1) Peri kebangsaan
(2) Kesejahteraan Rakyat
(3) Mufakat atau Demokrasi
(4) Kebangsaan Indonesia
(5) Kesejahteraan Sosial
Gagasan yang dikemukakan oleh Mr. Moh.Yamin dalam proses perumusan dasar negara adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
4. Perhatikan nama-nama tokoh berikut!
(1) Mr. Muhammad Yamin
(2) Mr. Soepomo
(3) R.P. Soeroso
(4) Ir. Soekarno
Tokoh-tokoh yang memberikan usul tentang dasar negara ditunjukkan pada nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
5. Salah satu nilai kebersamaan yang timbul dari para perumus saat melakukan rapat perumusan Dasar Negara adalah ....
A. melindungi hak golongan minoritas
B. mengutamakan golongan mayoritas
C. menghargai orang lain yang berpendapat sama
D. mengedepankan semangat persatuan bangsa
6. Penerapan semangat dan komitmen kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diwujudkan dengan ....
A. menjalankan ajaran agama masing-masing dengan baik
B. menjalankan kegiatan pemerintahan dengan jujur dan konsekwen
C. memanfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan diri sendiri
D. mengembangkan semangat kedaerahan dalam masyarakat
7. Perhatikan beberapa contoh perilaku berikut!
(1) Memiliki semangat tenggang rasa dan tepa selira
(2) Menghargai hasil karya orang lain
(3) Mengakui persamaan derajat dan martabat manusia
(4) Menjunjung tinggi semangat hidup rukun
Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
8. Tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari merupakan wujud pelaksanaan Pancasila khususnya sila ….
A. Ketuhanan Yang Maha ESa
B. Kemanusian yang Adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
9. Para pendiri bangsa memberikan contoh semangat dan komitmen kepada bangsa dan negara dalam merumuskan dasar negara. Wujud semangat komitmen kebangsaan pada masa sekarang dapat dilakukan dengan cara ….
A. mengikuti upacara bendera dengan khidmad
B. mengikuti pemilihan kepala daerah dengan jujur
C. mengikuti dan memperhatikan perintah orang tua
D. mengikuti gotong-royong bersama dengan masyarakat sekitar
10. Perhatikan pernyataan tentang penerapan nilai-nilai Pancasila di bawah ini!
(1) Tita dan Adi menjenguk temannya Nani opname di Rumah Sakit
(2) Selalu menghargai dan menghormati agama yang diyakini teman lain
(3) Menyelesaikan masalah melalui musyawarah mufakat atau kekeluargaan
(4) Mengikuti upacara bendera, dengan menyanyikan lagu Kebangsaan
(5) Mengembangkan sikap obyektif, bijak, arif, adil kepada semua teman
Penerapan nilai-nilai diatas, jika disusun sesuai urutan Pancasila yang benar ditunjukkan nomor ....
A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (2), (1), (4), (3), dan (5)
C. (2), (5), (1), (3), dan (4)
D. (3), (1), (4), (5), dan (2)
11. Salah satu pasal hasil amandemen UUD 1945 berbunyi “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang Undang Dasar”. Alasan yang melatarbelakangi amandemen pasal tersebut adalah agar ....
A. menuju negara yang semakin demokratis
B. membatasi tugas dan tanggung jawab Presiden
C. menghasilkan pemimpin yang didukung rakyatnya
D. melaksanakan amanat dari para tokoh pendiri bangsa
12. Contoh penerapan semangat dan komitmen kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diwujudkan dengan ….
A. memanfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan diri sendiri
B. menjalankan ajaran agama masing-masing dengan baik
C. mengembangkan semangat kedaerahan dalam masyarakat
D. menjalankan kegiatan pemerintahan dengan jujur dan konsekuen
13. Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
(1) Membayar pajak tepat waktu
(2) Menaati rambu-rambu lalu lintas
(3) Menggunakan hak pilih dalam pemilu
(4) Menghormati orang yang lebih tua
Perilaku positif terhadap pelaksanaan Pasal 27 UUD Negara RI Tahun 1945 dapat ditunjukkan dalam pernyataan-pernyataan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
14. Kesimpulan dari sidang pertama BPUPKI tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 yaitu....
A. menghasilkan rumusan tujuan negara
B. mengjhasilkan rumusan dasar negara
C. menghasilkan rumusan UUD RI
D. menghasilkan rumusan bentuk negara
15. Perhatikan beberapa perilaku berikut!
(1) Jangan menipu
(2) Harus beribadah
(3) Wajib patuh kepada orang tua
(4) Menghadiri rapat tepat waktu
(5) Menghormati orang yang lebih tua
Perilaku yang mencerminkan pelaksanaan norma agama ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)
16. Sidang pengesahan Rancangan Undang-Undang Dasar dilaksanakan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan keputusan sebagai berikut ......
A. mengesahkan UUD, menetapkan Presiden dan Wakil Presiden dan membentuk KNIP
B. merumuskan hukum dasar, mengajukan Ir.Soekarno menjadi Presiden, membentuk TKR
C. membacakan Proklamasi, menetapkan UUD, dan membentuk KNIP
D. membentuk Komite Nasional, wilayah dibagi 8 propinsi dan memilih Presiden
17. Wujud hak beragama yang dicantumkan secara langsung dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu ….
A. mempercayai semua kepercayaan yang ada
B. mendapat perlakuan baik antar penganut agama
C. memilih salah satu agama yang diakui Negara
D. memeluk agama dan beribadah menurut agamanya
18. Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
(1) Menyampaikan laporan atas pelanggaran HAM
(2) Penyebarluasan informasi mengenai HAM
(3) Menindak pelanggaran HAM secara massal
(4) Menyelidiki kasus-kasus pelanggaran HAM
Upaya penegakan HAM dapat dilakukan oleh siswa seperti yang terdapat pada dalam pernyataan-pernyataan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
19. Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah ….
A. merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
B. mudah memperoleh segala apa yang diinginkan
C. mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
D. mendapat keuntungan dalam kehidupan ekonomi
20. Semangat dan komitmen para pendiri negara pada saat proses perumusan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 ialah ....
A. mengembangkan sikap tenggang rasa – tidak memaksakan agama – keseimbangan hak dan kewajiban
B. mengutamakan kepentingan golongan dan pribadi - persatuan dan kesatuan – penggunaan hak milik
C. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara - persatuan dan kesatuan - rela berkorban - cinta tanah air
D. memberi pertolongan orang lain – bekerja keras – mengakui persamaan derajad - persatuan dan kesatuan
21. Perilaku anak yang makan sambil berdiri pada gambar di bawah ini menunjukkan pelanggaran norma ….
A.
kesusilaan
kesusilaan
B. hukum
C. kesopanan
D. kesusilaan
22. Upaya yang harus kita lakukan dalam mendukung lembaga perlindungan HAM adalah ….
A. membantu anggota lembaga HAM
B. menghargai hak tokoh-tokoh HAM
C. mendukung tegaknya kemerdekaan HAM
D. memahami, menghayati dan melaksanakan instrumen HAM
23. Perhatikan gambar di bawah ini !

Gambar tersebut memperlihatkan pengendara motor yang memakai helm, hal tersebut menggambarkan perwujudan pelaksanaan norma ......
A. agama
B. kesusilaan
C. kesopanan
D. hukum
24. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menguji undang-undang terhadap undang-undang dasar
(2) Memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh undang-undang dasar
(3) Menyelenggarakan pemilu Indonesia
(4) Memutus perselisihan hasil pemilu
(5) Mengusulkan pengangkatan hakim agung
Pernyataan yang menunjukkan wewenang Mahkamah Konstitusi adalah….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 2), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
25. Lembaga negara yang berfungsi mengawasi jalannya pemerintahan, yaitu....
A. MPR
B. DPR
C. Presiden
D. MA
26. Perhatikan tugas dan wewenang lembaga negara berikut!.
(1) Memberi gelar, tanda jasa dan lain-lain, tanda kehormatan
(2) Melantik Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu
(3) Mengajukan Rancangan Undang-Undang kepada DPR
(4) Memberhentikan Presiden dan Wakil Presiden dari Jabatannya
(5) Mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar
Tugas dan wewenang MPR yang benar ditunjukkan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
27. Menurut nilai-nilai Pancasila, pelaksanaan Hak Asasi Manusia tidak dapat dilakukan secara mutlak, karena ....
A. akan melanggar hak yang sama dari orang lain
B. pelaksanaan HAM harus seimbang dengan kewajiban asasi
C. pelaksanaan HAM dibatasi oleh hak-hak orang lain
D. berhadapan langsung dan harus menghormati hak orang lain
28. Perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar mengandung banyak pelajaran berharga bagi bangsa Indonesia. Pelajaran yang dapat diambil bangsa Indonesia, khususnya generasi muda yaitu….
A. menumbuhkan sikap dan perilaku menghargai keberagaman
B. meningkatkan semangat kebangsaan yang tinggi
C. mengajarkan untuk tidak selalu mengikuti organisasi
D. menumbuhkan semangat kedaerahan yang tinggi
29. Hakekat norma kesusilaan, yaitu....
A. peraturan hidup yang bersumber dari suara hati manusia
B. peraturan yang berhubungan dengan pergaulan manusia
C. peraturan yang berhubungan dengan tingkah laku manusia
D. peraturan hidup yang bersumber dari ketua adat
30. Perhatikan peran daerah berikut!
(1) Kemajuan daerah akan cepat tercapai bila ada persatuan dan kesatuan
(2) Kemakmuran bersama merupakan tujuan,bukan kemakmuran pribadi
(3) Kekayaan alam merupakan milik bersama untuk kemakmuran rakyat
(4) Setiap warga negara memiliki hak dan kedudukan yang dibedakan
Peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik ditunjukkan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
31. Manusia yang satu memiliki perbedaan ras dengan manusia lain, karena adanya ciri-ciri ….
A. warna kulit, warna/bentuk rambut, ukuran badan, warna mata dan ekonomi
B. fisik, warna kulit, warna/bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan dan ekonomi
C. fisik, warna kulit, ekonomi, bentuk muka, ukuran badan dan warna mata
D. fisik, warna kulit, warna/bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan dan warna mata
32. Unsur-unsur Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari....
A. wilayah, pemerintah yang berdaulat, pengakuan dari negara lain
B. rakyat, pemerintah yang berdaulat, pengakuan dari negara lain
C. wilayah, rakyat, pemerintah yang berdaulat, pengakuan dari negara lain
D. wilayah, rakyat, pemerintah yang demokratis, pengakuan dari negara lain
33. Setiap warga negara berhak dan wajib turut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Secara umum bela negara adalah …
A. kesediaan suatu bangsa untuk dapat hidup maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain
B. keinginan suatu bangsa dalam mempertahankan dan melanjutkan perjuangan pahlawannya
C. sikap dan tindakan suatu bangsa yang bersedia melindungi dan memajukan negara
D. sikap bangsa yang waspada terhadap berbagai kemungkinan yang merendahkan negara
34. Perhatikan tabel upaya menyelesaikan konflik berikut!
No
|
Preventif
|
Represif
|
Kuratif
|
1
|
pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian dan kerjasama
|
Penangkapan, pembubaran paksa, penahanan dan dijatuhi sanksi
|
Mengembangkan sikap toleransi, nasionalisme dan kerjasama
|
2
|
Mengembangkan sikap toleransi, nasionalisme dan kerjasama
|
pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian dan kerjasama
|
Penangkapan, pembubaran paksa, penahanan dan dijatuhi sanksi
|
3
|
Mengembangkan sikap toleransi, nasionalisme dan kerjasama
|
Penangkapan, pembubaran paksa, penahanan dan dijatuhi sanksi
|
pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian dan kerjasama
|
4
|
pendampingan bagi korban kerusuhan, perdamaian dan kerjasama
|
Mengembangkan sikap toleransi, nasionalisme dan kerjasama
|
Penangkapan, pembubaran paksa, penahanan dan dijatuhi sanksi
|
Berdasarkan contoh-contoh upaya menyelesaikan konflik di atas. Cara yang tepat antara upaya menyelesaikan konflik dan contoh yang tepat adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
35. Salah satu contoh persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat adalah ....
A. bersosialisasi dengan seluruh tetangga yang berkeyakinan sama
B. kewajiban mengikuti kegiatan upacara proklamasi kemerdekaan
C. kebebasan dalam mempelajari kelemahan ajaran agama lain
D. bergaul tanpa membedakan ras, agama, suku, dan golongan
36. Perilaku generasi muda yang mencerminkan semangat Sumpah Pemuda adalah ….
A. mematuhi perintah orang tua
B. mengikuti tren mode masa kini
C. aktif dalam organisasi kepemudaan
D. mendaftarkan diri menjadi petugas ronda
37. Sikap warga negara yang mencerminkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air Indonesia adalah antara lain....
A. bangga menggunakan barang produksi luar negeri
B. bangga menggunakan barang produk dalam negeri
C. selalu beranggapan produksi luar negeri lebih bagus
D. menganjurkan teman untuk memakai produk luar negeri
38. Cara mengatasi masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat, yaitu....
A. dengan memperkuat rasa kesukuan sebagai keberagaman dalam masyarakat
B. dengan mengembangkan sikap acuh tak acuh karena tidak saling mengenal dalam keberagaman masyarakat
C. dengan mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati
sebagai bagian dari keberagaman di masyarakat
D. dengan mengembangkan sikap etnosentrisme untuk memperkuat
kesukuan dalam keberagaman di masyarakat
39. Sumpah pemuda merupakan tali pengikat bangsa Indonesia. makna kalimat tersebut adalah ....
A. bangsa Indonesia hanya bisa disatukan oleh ikrar sumpah pemuda dan kalangan pemuda bangsa yang berjiwa nasionalis
B. keberagaman dalam masyarakat dapat terjaga dengan baik berkat kesadaran bersatu melalui ikrar sumpah pemuda
C. para pemuda telah membuktikan hanya melalui ikrar sumpah pemuda bangsa Indonesia dapat dipersatukan dengan utuh
D. ikrar sumpah pemuda merupakan satu-satunya instrumen untuk menyatukan seluruh komponen bangsa Indonesia
40. Di Indonesia masih sering terjadi konflik antar suku. Contoh konflik antar suku terjadi di Tolikara, Papua pada bulan April 2016. Solusi tepat untuk meminimalisasi konflik antar suku adalah....
A. perbedaan-perbedaan dalam masyarakat dihilangkan
B. penonjolan suku, agama, ras dan antar golongan dihindari
C. keragaman budaya yang dimiliki oleh suku bangsa diminimalisasi
D. hasil seni budaya setiap suku yang belum bertaraf internasional dihilangkan
II. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG BENAR DAN TEPAT !
41. Majelis Permusyawaratan rakyat terdiri atas anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah yang dipilih melalui pemilihan umum.
Sebutkan tiga (3) kewenangan Majelis Permusyawaratan Rakyat menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
42. Nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berilah 3 contoh sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila ke -1!
43. Berikan 3 contoh pengamalan nilai-nilai sila Persatuan Indonesia di lingkungan sekolah!
44. Di negara kita pernah terjadi kasus pelanggaran HAM seperti Tragedi Trisakti, tragedi Priok, pembunuhan Marsinah , dan sebagainya. Bagaimana sikap anda terhadap kasus pelanggaran HAM tersebut?
45. Tunjukkkan 3 ciri-ciri sikap patriotisme dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar